Pembelajaran tema 4 muatan IPS


 Macam-macam produk dalam negeri 
1. Batik 

 Dulu, batik cuma bisa dipakai untuk acara-acara tertentu yang sangat formal seperti resepsi pernikahan atau rapat-rapat pemerintahan

Tapi sekarang, batik yang punya corak khas ini telah dipakai di segala kesempatan. Bahkan sekarang banyak barang yang memakai motif batik sebagai bentuk kecintaan terhadap kain asli Indonesia ini. Kamu juga tentunya juga suka pakai baju batik kan Toppers?

Batik sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya asli Indonesia. Nggak heran kalau sekarang batik sudah mendunia dan dipakai oleh orang-orang penting seperti Nelson Mandela.

Para selebritis kenamaan dunia sekelas Hollywood pun memakai batik Indonesia yang sudah mulai dipakai oleh desainer dunia saat memeragakan rancangan busananya. Indonesia memang hebat!

2. KAIN TENUN


Selain batik, satu lagi kain khas Indonesia yang menjadi bagian dalam peragaan busana dunia, yakni kain tenun. Kain yang berasal dari NTT ini memang unik dan mahal karena produksinya yang murni dikerjakan tangan oleh para pengrajin kain tenun.

Salah satu brand dunia yang memakai kain tenun Indonesia adalah Gucci asal Italia. Wow! Booming-nya trend kain tenun ini secara langsung mengangkat nama Indonesia secara global. Kita pastinya semakin bangga dengan Indonesia.

3. KEBAYA


Gaun tradisional asli Indonesia ini sekarang modelnya nggak kaku dan konvensional lagi lho. Berkat tangan dingin desainer kebaya Indonesia, salah satunya Anne Avantie, kebaya sudah menjadi sangat familiar dikenakan oleh banyak orang di berbagai negara.

Keunikan gaun yang mempunyai hiasan renda, payet, serta manik-manik ini sudah melanglang buana ke seluruh dunia dan dipakai pada ajang-ajang bergengsi dunia seperti Miss Universe.


TISU PASEO

Produk tisu yang bertag line “Cukup Kamu dan Paseo yang Tahu” ini merupakan salah satu produk andalan Indonesia yang sukses di luar negeri. Pertama kali diproduksi oleh PT Pindo Deli pada 1998, hingga kini sudah diekspor ke manca negara. Seperti Australia, Belgia, Singapura dan Filipina.

3. INDOMIE
Mengusung produk mie instan yang sangat laris di manca negara, Indofood senantiasa berinovasi menawarkan dan merilis produk-produk makanan kepada konsumen di dalam negeri maupun luar negeri. Merek mie instan yang paling populer adalah “Indomie” dengan cita rasa soto yang sangat disukai masyarakat di seluruh dunia. Selain harganya yang terjangkau, cita rasa indomie juga hampir menyerupai cita rasa aslinya. Oleh karena itu, masyarakat yang berada di luar negeri dan kangen dengan cita rasa soto khas Indonesia, akan lebih mudah menemukannya di dalam semangkuk mie instan dari Indofood

4. BATERAI ABC

Seolah tak peduli serbuan baterai-baterai dari produk luar negeri, baterai ABC dari Indonesia tetap bertahan di posisi teratas. Baterai yang diproduksi oleh PT. International Chemical Industry ini sudah diekspor ke sekitar 50 negara. Selain menggunakan merek Baterai ABC, juga menggunakan Alkaline.
  • 5. KACANG GARUDAPada 1972, perusahaan “Sari Gurih” yang berpusat di Surabaya mengemas ulang produk kacang garing berlogo Dua Kelinci. Selanjutnya, pada 1985, produk kacang ini diterima pasar dengan sambutan hangat yang luar biasa laris. Hingga akhirnya, didirikan perusahaan PT Dua Kelinci. Kesuksesan ini diiringi dengan kehadiran mesin-mesin canggih untuk pengolahan dan pengemasan kacang secara otomatis. Hingga kini, perusahaan kacang ini sudah memiliki 80 varian rasa dan mampu menembus pasar Internasional. Di antaranya seperti Amerika Serikat, Belanda, Saudi Arabia dan Brunei Darussalam. Bahkan, pada 2010, logo kacang Dua Kelinci terpampang pada kaos klub sepak bola Real Madrid sebagai salah satu sponsor. Hal ini tidak lepas dari peranan para pecinta sepak bola yang banyak membeli produk kacang Dua Kelinci sebagai camilan saat menonton pertandingan sepak bola 
  •  6. AIR MINERAL
  • Melewati berbagai rintangan selama memproduksi air mineral dalam kemasan, tidak menyurutkan semangat Tirto Utomo mendirikan Aqua. Dimulai pada era 70-an, Air Minum Dalam Kemasan pada waktu itu masih dipandang sebelah mata. Akan tetapi, seiring berjalan waktu, pada 1987, Aqua sudah mampu menembus pasar Internasional dengan menguasai pasar Timur Tengah, Afrika, Australia, dan Maladewa serta Fiji. Tirto Utomo bahkan didaulat sebagai pelopor dan pendiri industri Air Minum Dalam Kemasan di regional Asia dan Timur Tengah.
  • 7. KOPI KAPAL API

Mulai dari pelosok desa hingga puncak gedung tertinggi di perkotaan, semua orang suka minuman kopi hitam. Produk kopi bubuk dari PT Kapal Api tetap eksis sejak pertama kali didirikan oleh Goe Soe Loet. Brand “Kapal Api” lekat dengan masyarakat Indonesia di bidang industri kopi. Ada 5 merek minuman kopi yang dipasarkan ke tengah masyarakat dan dikembangkan lebih lanjut hingga membuka gerai-gerai kopi. Seperti Kafe Excelso dan Cafe Grazia. Kopi Kapal Api bahkan sudah bisa dijumpai di negara-negara lain seluruh dunia. Sebagai contohnya, Cina, Myanmar dan negara di Asia Tenggara.

  • 8. TEH BOTOL SOSRO

Minuman teh yang satu ini tetap eksis sejak debut perdana pada 1970. Satu hal yang paling menjadi ciri khas adalah minuman teh dikemas dengan botol yang saat ini mulai ditinggalkan oleh para pesaing. Teh botol sosro dengan kemasan botol justru menjadi keunikan sekaligus kelebihan untuk mempertahankan kualitas rasa dan keharuman teh melati. Berbeda dari merek teh botol yang lain, Sosro tetap mempertahankan 100 persen ekstraksi teh asli dan gula asli tanpa menggunakan perasa teh maupun pemanis buatan. Tidak heran jika produk minuman instan teh ini sudah bisa diekspor ke negara seluruh dunia. Termasuk Amerika Serikat, Timur Tengah, Australia dan Asia Tenggara.


9. BISKUIT ROMA


Mulai dikembangkan sejak 1977, biskuit Roma berusaha mempertahankan kualitas rasa dan kerenyahan biskuit dengan teknologi canggih. Mesin-mesin pembuat biskuit didukung sumber daya manusia dan tenaga ahli di bidang pastry, menambah kinerja produktivitas perusahaan. Biskuit Roma mampu masuk dalam 10 besar produk yang terlaris di tanah air. Sebenarnya, biskuit Roma sendiri merupakan sebuah brand yang dikembangkan oleh PT Mayora. Selain biskuit, Mayora juga merilis produk makanan camilan seperti wafer, cokelat, dan sebagainya. Masyarakat Indonesia sangat gemar mengonsumsi biskuit sebagai camilan yang praktis dan mengenyangkan. Selain di Indonesia, Mayora juga mengekspor berbagai produknya hingga ke Asia Tenggara.


TUGAS HARI INI 1 OKTOBER 2021

1. Pilih salah satu produk dalam negeri diatas yang ada di rumahmu

2. Buat video mempresentasikan produk dalam negeri yang kalian miliki dirumah dengan durasi maksimal 3 menit

3. Kirim video ke japri ustadzah novi











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dokumentasi Ampel 2022 SDI Al mubarok